Desain Minimalis Tropis Orchard Residence Cimahi di Jl Kapten Mansuri

Langgam minimalis modern yang menyerupai desain hunian di luar negeri mewarnai hampir seluruh perumahan di Indonesia. Seyogyanya, pilihan desain tidak melupakan aspek lokalitas. Oleh karenanya, desain rumah tropis menjadi pilihan paling tepat. Selain sebagai sebuah proses responsif terhadap iklim tropis di Indonesia, rumah dengan desain tropis memiliki banyak keunggulan. Maka dari itulah, desain minimalis tropis menjadi pilihan konsep desain dari Orchard Residence Cimahi yang dikembangkan oleh PT Relife Graha Development.

Rumah tropis mampu mengatasi beberapa gejala tropikal yaitu mereduksi radiasi matahari yang tinggi, menurunkan suhu dalam rumah, mengurangi kelembapan dalam ruang akibat tingginya suhu tersebut, melindungi bangunan dari curah hujan dengan mengalirkannya secara cepat, serta membuat sirkulasi udara yang baik. Desain rumah tropis Orchard Residence Cimahi yang beralamatkan di Jl Kapten Masturi terwujud dari kemiringan atap rumah yang melebihi syarat minimum yaitu 21 derajat, bukaan yang lebar, dan kisi-kisi vertikal secondary skin untuk mereduksi panas dalam bangunan.

Mengapa konsep tropis menjadi pilihan Orchard Residence? Jawaban singkatnya adalah pola hidup “hijau”. Pola ini bukan berarti mengecat rumah dengan warna hijau atau sekadar meletakkan pot tanaman di balkon rumah. Pola hidup hijau adalah ketegasan sikap, pilihan hidup untuk hemat energi. Salah satunya ialah menggunakan penghawaan dan pencahayaan alami secara maksimal terutama pada siang malam hari. Hemat listrik, minim lampu, dan itu menyehatkan. Sangat tidak menarik akan desain minimalis sekedar minimalis, kotak-kotak kosong tanpa makna, memboroskan dan membosankan. Meski Anda membeli rumah di perumahan, lantas tak berarti membeli desain yang monoton tanpa sentuhan arsitektural, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *